Langsung ke konten utama

ternyata gak seribet itu

Sejak pemerintah menetapkan iuran BPJS per 1 januari 2020 naik, mulai deh berpikir gimana baiknya, karena selama ini aku membayarkan untuk 4 orang anggota keluarga. Ibu, adikku yang paling kecil, anakku pastinya dan diriku sendiri. Kami semua berbeda KK namun pembayaran selalu jadi 1, dengan mengambil kelas 2. Baiklah kelas 2 di tahun 2020 nanti iurannya akan naik jadi 110rb. kalo disuruh bayar 4 orang kali 110rb ya kali separoh gaji abs buat bayar BPJS aja? ogahlah ya..
Makanya, sesuai dengan interuksi dari dirut BPJS yang bilang kalo gak kuat bayar ya silahkan turun kelas. Jadilah ngurus semuanya ke BPJS. Pertama kali dateng ke BPJS, inget banget nih akhir November 2019. Belom apa2, udah dicegat satpam didepan kantornya. 
Ditanya sama satpamnya "mau apa mbak?"
Ya dijawablah sama aku "mau turun kelas bu." Satpamnya ibu-ibu agak gemuk gitu soalnya. 
Tanpa tanya apapun lagi langsung dikasih kertas kecil buat ngelengkapin. Katanya kalo sudah lengkap baru boleh masuk ambil nomor antrian. 
Karena tidak bisa masuk ya sudahlah ya pulang lagi, trus ngeDM akun BPJS via twiter, biasanya nih saya ngelakuin ini buat ngadu kalo ada masalah apapun baik itu BPJS, Telkom Speedy, sampe PLN, biasanya selesai dengan DM dulu trus kita gak keliatan bodoh2 amat pas dateng ke kantornya. Nah dari DM twiter ini taulah kalo ternyata status kepesertaan aku tuh ikut perusahaan. Nah perusahaannya siapa lagi, perasaan aku tuh gak ikut BPJS dari kantor trus aku juga gak merasa ada pemotongan gaji, bingung kan itu. setelah ditelusuri lebih lanjut, aku masuk di kepesertaannya di perusahaan mansu. 
Waduh kok bisa gitu ya? Padahal waktu buat BPJS tahun 2015, waktu itu masih bisa buat BPJS tanpa harus seluruh anggota KK masuk, aku buatnya mandiri. Lha kok tiba-tiba masuk ke keanggotaannya bapaknya Mesha. Panik? jelas. Bingung? apalagi. Tapi sesuai dengan pengalaman, maka harus tenang, kalem dulu, tarik nafas dalam-dalam biar bisa berpikir dengan jernih. 
Baiklah, setelah menimbang dan memikirkan dengan sebaik-baiknya, maka datanglah saya ke kantor BPJS yang berbeda, takut dicegat ibu-ibu satpam yang dulu lagi hehe.., yang lebih deket dengan rumah. Disitu dengan sopan dan baiknya bapak satpam memberikan solusi dan mempersilahkan masuk dan diberikan nomor antrian. Ketemulah dengan mbak-mbak yang ramah juga. Mbaknya bilang status saya kok di perusahaan tapi saya bilang dan memberikan bukti bayar bahwa selama ini saya selalu bayar sendiri. Diapun bilang bahwa ini diproses dulu, supaya bisa turun kelas. Karena intinya saya itu cuma ingin turun kelas saja gak aneh2 kok. Saya juga gak peduli dengan status kepesertaan saya. 
Tapi hari itu gak bisa selesai, saya harus kembali lagi beberapa hari kemudian. Jadilah pagi ini saya kembali ke BPJS dan mengurus penurunan kelas saya, ternyata sejak bulan Mei 2018 saya itu masuk ke perusahaan mansu. Lha kok bisa? padahal udah cerai sejak 2016? gak ngerti deh. Lagian saja juga gak pengen tau  kok. Yang penting sekarang ini iuran BPJS saya udah kelas 3. sudah 42rb per orangnya. Masih mampu bayarlah ya. 
Tadinya nih jujur, kalo memang gak bisa diurus ya, ya udahlah ya saya gak aktif aja BPJSnya. Biar ajalah ya kalo berobat pake yang umum aja. Tapi ternyata bisa diurus, berarti harus tetep bayar iuran. Gak apa-apalah ya, saling bergotong royong. 
Ternyata nih walaupun udah cerai resmi, hal-hal remeh temeh gini masih bisa nyangkut juga. Walaupun dia juga udah punya istri baru tapi masih nyangkut ke sini juga. Kesimpulannya kudu sabar-sabar aja. Nikmatin ajalah, lagian dia juga bagian dari cerita kehidupan aku. 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

yak akhirnya tergoda lagi buat nulis di blog. pengennya sih bisa rutin buat nulis di blog supaya bisa tetep terjaga kemampuan nulisnya. mudah-mudahan bisa ya..Amin..Rencana awal buat blog ini pengen banget bisa sharing pengalaman berumah tangga sampai akhirnya mendapat masa-masa yg sangat sulit. Sampai sekarang juga belom terselesaikan masalahnya. Okeh kita liat aja sampai kapan bisa bertahan.